Fakta – fakta mengagumkan tentang Lebah


ist2_4074071_wasp_1-300x300

Banyak sekali jenis-jenis/spesies hewan yang ada di dunia ini,termasuk diantaranya lebah.namun tahukah anda bahwa binatang yang paling fantastis di dunia ini adalah lebah?.

Lebah adalah ahli arsitektur

26-10-honeybee

Mengapa dikatakan seperti itu..? yapz!, karena proses pembuatan sarang nya. Tentunya,anda pernah melihat bentuk dari sarang lebah bukan..? Hal yang mengagumkan tentang lebah madu ini adalah kerjasama di antara mereka dalam membangun kantung-kantung madu ini. Bila seseorang mengamati sarang lebah yang telah jadi, mungkin ia berpikir bahwa rumah tersebut terbangun sebagai blok yang dibuat tunggal.

Padahal sebenarnya, lebah-lebah memulai membangun rumahnya dari titik yang berbeda-beda. Ratusan lebah mulai menyusun rumahnya dari tiga atau empat titik awal yang berbeda,kemudian mereka baru melanjutkan penyusunan bangunan tersebut sampai bertemu di tengah-tengah. Tidak ada kesalahan sedikitpun pada tempat di mana mereka bertemu.sungguh perhitungan yang tepat!!

Lebah menghitung besar sudut antara rongga satu dengan lainnya pada saat membangun rumahnya. Suatu rongga dengan rongga di belakangnya selalu dibangun dengan kemiringan tiga belas derajat dari bidang datar. Dengan begitu, kedua sisi rongga berada pada posisi miring ke atas. Kemiringan ini mencegah madu agar tidak mengalir keluar dan tumpah.Dan hasilnya..?bentuk blok hexagonal yang satu sama lain tidak berbeda sudut dan kelebarannya..alias sama besar, menakjubkan bukan??

Lebah adalah hewan yang mempunyai sistem yang nyaris seperti manusia

bee

Salah satu job/pekerjaan dalam dunia lebah adalah “Pemandu” , Lalu apa hubungannya?Bagaimana lebah pencari makan menemukan bunga di wilayah yang begitu luas dibanding ukuran tubuh mereka?Bagaimana mereka menemukan jalan kembali ke sarang tanpa tersesat?

Bagaimana mereka memberitahu lebah-lebah lain tentang arah sumber bunga? Tatkala kita berusaha menjawab beragam pertanyaan ini, kita akan sampai pada kenyataan yang sungguh menakjubkan.

Ketika telah menemukan sumber bunga, maka tugas berikutnya dari lebah pemandu ini adalah kembali ke sarang dan memberitahu lebah-lebah lain tentang lokasi di mana ia menemukan kumpulan bunga tersebut.Lalu,ia akan membiarkan lebah-lebah lain mencicipi sedikit nektar yang ia kumpulkan dari bunga untuk memberitahu mereka tentang kualitas nektar tersebut.

Kemudian,tugas utamanya adalah menjelaskan arah menuju sumber bunga. Ia melakukan ini dengan cara yang sangat unik, yaitu dengan tarian. Lebah pemandu mulai menari di tengah-tengah sarang dengan menggoyangkan badannya. Sulit dipercaya, tapi gerakan dalam tarian ini memberikan lebah-lebah lain informasi tentang lokasi sumber bunga.

Misalnya, jika tarian berupa garis lurus ke arah bagian atas sarang, maka sumber makanan tepat mengarah ke arah matahari. Jika bunga berada pada arah sebaliknya, lebah akan membuat garis ke arah tersebut. Jika lebah menari ke arah kanan, maka ini menunjukkan bahwa sumber bunga berada tepat sembilan puluh derajat ke arah kanan.

Tetapi ada satu pertanyaan, lebah menjelaskan arah tersebut berdasarkan posisi matahari, padahal posisi matahari terus berubah. Setiap empat menit matahari bergeser satu derajat ke barat, faktor yang mungkin menurut anggapan orang diabaikan lebah dalam penentuan arah ini.

Tapi, pengamatan menunjukkan bahwa lebah-lebah ini juga memperhitungkan pergerakan matahari. Ketika lebah pemandu memberitahu arah lokasi bunga, dalam setiap empat menit, sudut yang mereka beritahukan juga bertambah satu derajat ke barat. Berkat perhitungan yang luar biasa ini, para lebah tidak pernah tersesat.

Lebah pemandu tak hanya menunjukkan arah sumber bunga, tetapi juga jarak ke tempat tersebut. Lama waktu tarian dan jumlah getaran memberi petunjuk kepada lebah-lebah lain tentang jarak ini secara akurat. Mereka membawa perbekalan sari-sari makanan yang sekedar cukup untuk menempuh jarak ini, dan kemudian memulai perjalanan.

Perilaku mengagumkan dari para lebah ini telah diuji dalam sebuah penelitian di California. Dalam penelitian ini, tiga wadah berisi air gula diletakkan di tiga tempat yang berbeda. Sesaat kemudian, lebah-lebah pemandu menemukan sumber makanan tersebut.

Lebah pemandu yang mendatangi wadah pertama diberi tanda titik; yang mendatangi wadah kedua ditandai dengan garis, dan yang mendatangi wadah ketiga diberi tanda silang. Beberapa menit kemudian, lebah-lebah dalam sarang tampak mengamati dengan cermat para lebah pemandu ini.

Para ilmuwan lalu memberi tanda titik pada lebah-lebah yang mengamati lebah pemandu bertanda titik, dan demikian halnya, mereka juga memberi lebah-lebah lain tanda yang sama dengan yang ada pada lebah pemandu yang mereka amati. Beberapa menit kemudian, lebah-lebah bertanda titik mendatangi wadah pertama, yang bertanda garis tiba di wadah kedua dan yang bertanda silang di wadah ketiga.

Jadi, terbukti bahwa lebah-lebah dalam sarang menemukan arah berdasarkaninformasi yang sebelumnya telah disampaikan oleh lebah-lebah pemandu.Sistem organisasi yang hebat dan sempurna!!

Sarang lebah adalah tempat paling steril di dunia

Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian di Arizona, AS. Seekor tikus yang telah mati di taruh dalam sarang lebah yang sudah di bagi menjadi dua bagian,kemudian di ikat dengan tali dan di diamkan selama 1 1/2 tahun sebelum akhirnya di buka kembali. Apa yang terjadi?
Nyaris tidak ada perubahan pada bangkai tikus tersebut!bau busuk pun tidak tercium sama sekali.Bahkan penelitian ini semakin menguatkan statement bahwa proses pengawetan mumi adalah dengan metode pembalseman menggunakan cairan sarang tersebut.

Lebah dapat digunakan untuk mendeteksi ladang tambang bahkan mendeteksi keberadaan ranjau.

Lebah adalah satu-satunya hewan yang mati dengan cara meng-antup lawannya.

Lebah mempunyai sistem penjagaan di setiap sarang nya.

Percaya ngga kalau lebah itu punya shift menjaga sarangnya?setiap shift di lakukan oleh 20 lebah. 10 berjaga-jaga di depan sarangnya,dan sisanya bertugas patroli di radius 15-20 meter dari sarangnya. (Waduh,kayak penjagaan sel penjara aja hehe . . .

Hukum Aerodimanis hampir tidak berlaku pada tubuh lebah

Kenapa? Sayapnya yang hanya setipis sayap lalat tersebut mampu meng-angkat tubuh bagian belakangnya yang hampir 30x lipat lebih berat.  (Ini yang namanya “Berat pasak daripada tiang”
Madu yang dihasilkan oleh lebah adalah satu-satunya makanan konsumsi yang tidak akan pernah basi.(nb:klo yang dijual di pinggiran mah,biasanya dah di akalin.. makanya basi.).Lalu bagaimana cara membedakan yang asli dan yang tidak asli??

  1. Madu yang tidak asli kemasan nya berupa botol yang terbuat dari bahan kaca.Alasannya adalah,madu yang tidak asli bisa terjadi pengasaman, sehingga tidak berani di kemas dalam bahan plastik. Karena kemasan plastik bisa mengembang dan meledak akibat dari gas hasil pengasaman madu yang tidak asli tsb. (Madu yang asli tidak mempunyai unsur gas)
  2. Cara paling mudahnya,taruh madu anda di sebuah piring datar.. dan goyang-goyangkanlah piring tersebut perlahan kekiri dan kekanan.Akan muncul jejak berbentuk sarang lebah (kotak-kotak segienam). It’s True!!

Lebah mempunyai sistem kasta yang nyaris seperti kehidupan manusia

Ada beberapa tingkat kasta pada dunia lebah yaitu :

  1. Ratu Lebah – Tugasnya adalah memproduksi lebah-lebah baru (pemakaian katanya jelek tuh!!)
  2. Lebah Perawat [ Nurse Bee ]
    Lebah perawat adalah lebah pekerja yang khusus merawat ratu lebah dan anak-anaknya atau larva. Mereka bertanggung jawab untuk memproduksi royal jelly, serta memberi makan sang ratu dengan royal jelly, bee pollen dan madu.
  3. Lebah Pencari [ Scouts Bees ]
    Lebah pencari adalah lebah pekerja yang mencari sumber-sumber pollen, nektar dan propolis. Ketika mereka menemukan sumber makanan yang terbaik, mereka akan kembali ke sarang dan menginformasikannya kepada lebah pengumpul. Kemudian, lebah pengumpul pergi untuk mengumpulkan makanan tersebut.
  4. Lebah Pengumpul [ Collector Bees ]
    Ketika mengumpulkan pollen dari bunga-bunga, lebah pengumpul hanya akan mengunjungi tipe bunga yang sama hingga semua pollen habis terkumpul. Pada saat lebah mengumpulkan pollen, ia juga mencampurkannya dengan sedikit madu dari mulutnya dan kemudian membentuk gumpalan pollen yang akan disimpan dalam kantong yang terdapat di kaki lebah.

Lebah adalah hewan yang menghasilkan makanan bagi makhluk lain,tanpa dia sendiri menjadikan makanan tersebut sebagai konsumsi pribadi. apa itu?? of course… madu!.

Kini,dengan segala kemampuan dan kelebihan nya tersebut,setujukah anda bahwa hewan tertua yang tak pernah ber-evolusi adalah lebah??

Sumber : http://anggaleoputra.blogspot.com/2009/01/fakta-fakta-mengagumkan-mengenai-lebah.html

4 Tanggapan to “Fakta – fakta mengagumkan tentang Lebah”

  1. azam Says:

    salam…bisa kenal2 lan…
    mana yg jauhdirapat2kan…
    yg rapat diajak bicara..
    bukan tentang cinta …
    tapi tentang niaga…
    lo dimana ni…

  2. M. INSAN KAMIL Says:

    Sangat bagus inspiratif..tq

  3. ceritakulucu Says:

    Tq kembali, makasi udah berkunjung n ngasi komentar, moga bermanfaat yah..

  4. ila karmila Says:

    txhu tulisannyaa…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: