Makanan sehat bagi kaum HAWA


healthy-foods1

health food2

Bagi Anda para perempuan, sepertinya makanan-makanan di bawah ini diperlukan untuk memenuhi nutrisi dasar, bahkan bisa juga dikombinasikan dengan diet Anda.

1. Yogurt rendah lemak (3-5 penyajian tiap minggu)

Sebagai makanan sehat, yogurt adalah makanan sehat itu sendiri. Bukan hanya yogurt, ahli nutrisi Elizabeth Somer, MS, RD, penulis Age-proof Your Body mengatakan, produk-produk yang difermentasikan mengandung probiotik yang sehat, yaitu bakteri dengan kemampuan melindungi Anda dengan banyak cara.

“Ada sugesti bahwa yogurt dapat mengurangi resiko kanker payudara,” kata Somer. “Dan ada bukti-bukti yang kuat bahwa yogurt dapat mengurangi masalah yang berhubungan dengan sindrom iritasi perut dan penyakit radang sistem pencernaan, dimana keduanya lebih banyak menimpa perempuan daripada laki-laki.” Pada dasarnya, ia mengatakan, yogurt dapat membantu mengurangi resiko bisul di lambung dan infeksi vagina.

Baik sekali jika yogurt dikonsumsi baik pada saat sarapan, makan siang, atau cemilan, dengan tiga penyajian yogurt rendah lemak setiap hari. Yogurt juga mengandung kalsium yang baik untuk tulang yang sehat, sesuatu yang diperlukan setiap wanita pada umur berapapun. Satu cangkir yogurt mengandung 448 miligram kalsium, dibandingkan dengan delapan ons susu skim yang hanya mengandung 300 miligram kalsium.

2. Ikan dengan lemak omega-3, seperti Salmon, Sarden, dan Makarel (2-3 penyajian setiap minggu)

Faktor yang menyehatkan dalam ikan adalah asam lemak omega-3, dan secara spesifik pada dua tipe yang diketahui sebagai DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid).

“Ikan yang mengandung lemak tidak hanya memainkan peran penting dalam kesehatan membran di setiap sel di tubuh kita, itu juga membantu melindungi kita dari beberapa ancaman kesehatan,” kata Laurie Tansman, MS, RD, CDN, seorang ahli nutrisi di Mount Sinai Medical Center di New York.

Beberapa dari ancaman-ancaman itu termasuk penyakit jantung, stroke, hipertensi, depresi, sakit persendian, dan beberapa penyakit yang berhubungan dengan radang, termasuk Lupus, dan rematik persendian. Somer mengatakan ikan bahkan dapat memberikan proteksi melawan penyakit
Alzheimer.

Jika ada beberapa makanan yang juga memiliki keuntungan omega-3 seperti walnut dan minyak biji rami, Somer mengatakan bahwa hanya omega-3 yang mengandung DHA atau EPA saja yang bisa digunakan oleh tubuh. Berita baiknya adalah sekarang sudah banyak produk yang mengandung DHA.

3. Buncis (3-4 penyajian setiap minggu)

Rendah lemak, buncis merupakan sumber protein dan serat yang baik, dan bisa menjadi pelindung terhadap penyakit jantung dan kanker payudara. Buncis juga memainkan peranan dalam menyeimbangkan hormon perempuan, kata ahli nutrisi Susan Krause, MS, RD.

Jenis polong-polongan lainnya seperti kacang polong, buncis, miju-miju, dan kacang, juga dapat mengurangi dampak dari penyakit kardiovascular (paru dan jantung), atau penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Buncis juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Tingkat nutrisi Buncis yang dikenal sebagai isoflavone dapat membantu mengatur hormon-hormon dan dapat mengatasi gejala PMS, Perimenopause, atau menopause. Jika Anda sedang dalam tahun-tahun reproduktif, buncis dapat memberikan persediaan asam folat, yang penting jika Anda ingin hamil.

4. Tomat, semangka, anggur merah, jeruk red navel (3-5 penyajian setiap minggu)

Sumber nutrisi dalam buah-buahan ini adalah lycopene. Buah-buahan ini dengan kandungan nutrisi di dalamnya dan antioksidan dapat melindungi dari dampak kanker prostat, kanker payudara, dan serangan jantung. Penelitian terbaru juga menunjukkan tomat dan buah-buahan lainya tersebut dapat membuat Anda terlihat lebih muda lebih lama dengan melindunginya terhadap bahaya sinar UV dari matahari.

5. Vitamin D yang terkandung dalam susu rendah lemak atau jus jeruk (Sekurang-kurangnya 400 IUs vitamin D setiap hari)

Vitamin D baik untuk tulang dan membantu mengurangi resiko osteoporosis dan bisa menjadi hal yang penting dalam mengurangi risiko diabetes, berbagai macam schlerosis, dan tumor/kanker payudara, usus besar, dan rahim.

Walaupun vitamin D juga ditemukan di ikan Salmon, mackerel, tuna, dan sarden, para ahli mengatakan makanan seperti susu, merupakan yang sumber terbaik.

6. Buah Beri (3-4 penyajian setiap minggu)

Buah-buah beri seperti blueberry, strawberry, raspberry, cranberry memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Sama seperti minuman anggur (wine), buah-buahan ini dapat melindungi tubuh Anda dengan nutrisi anti-kanker yang kuat, yang diketahui sebagai anthocyans, yang dipercayai memainkan peran
dalam perbaikan sel. Buah-buah beri ini juga mengandung vitamin C yang tinggi dan asam folat, yang penting bagi setiap wanita dalam tahun-tahun masa reproduksi.

Buah-buahan ini juga mengandung antioksidan yang kuat, yang tidak hanya melindungi jantung tetapi juga dapat melindungi dari penuaan kulit, dari dalam maupun dari luar. Selain itu, cranberries juga dapat mengurangi resiko infeksi saluran kencing pada perempuan, sedangkan nutrisinya, lutein ditemukan di semua buah-buah beri yang dapat melindungi penglihatan.

Pic : I
II

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: